Uncertainty Makes You Happy

Suatu hari seorang pemuda menemukan sebuah vas kuno yang sebelumnya terkubur di dalam tanah, seperti dalam cerita dongeng digosoknyalah vas itu, dan seperti diduga sebelumnya keluarlah sebuah jin dari dalam vas tersebut.

Pemuda itu terkejut sekaligus senang melihat jin tersebut, lalu setelah keluar jin itu berkata..

” Saya sudah 2000 tahun terkurung dalam vas ini, saya bersyukur kamu berhasil menemukan saya… Sekarang saya akan mengabulkan 3 permintaanmu…”

Tanpa berpikir panjang pemuda itu berkata…

“Saya ingin menjadi orang yang sukses dan kaya, memiliki istri cantik dan setia dan memiliki anak-anak yang baik dan cerdas…”

Dalam sekejab keluarlah asap dari jin itu dan masuk ke dalam tubuh pemuda tersebut. Pemuda tersebut terkejut, namun setelah semua proses tersebut berlangsung, tidak ada yang berubah pada dirinya, dia tetap berada di tempat yang sama, dengan pakaian yang sama, bahkan isi dompetnya tidak bertambah sedikit pun. Tidak ada wanita cantik yang menjadi istrinya, apalagi seorang anak yang cerdas di tempat itu.

Melihat keadaan itu, pemuda itu bertanya kepada jin tersebut, karena dia tidak mendapatkan apa-apa.

Jin itu menjawab,

“ Hal-hal yang kamu minta tidak mungkin diberikan secara langsung, hal itu hanya terjadi di dongeng-dongeng, kenyataannya hal tersebut kamu akan dapatkan secara bertahap, satu demi satu, selangkah demi selangkah… Namun saya jamin kamu akan mendapatkan semuanya.”

Mendengar hal itu pemuda tersebut kecewa dan menggerutu kepada Jin tersebut, lalu itu Jin itu berkata,

“Kalau kamu mau saya dapat memberikan kemampuan untuk melihat masa depan yang akan terjadi padamu sehingga kamu yakin bahwa permintaanmu akan dikabulkan di masa yang akan datang.”

Pemuda itu menerimanya dan mendapatkan kemampuan untuk melihat masa depan:

Dia melihat hari-hari dimana dia naik jabatan setingkat demi setingkat, dimana dia mengalami kenaikan gaji yang signifikan, sampai akhirnya dia menjadi direktur perusahaan tempat dia bekerja sekarang. Dia juga dapat melihat betapa cantiknya wanita yang kelak menjadi istrinya, dan melihat hari-hari dimana wanita tersebut menunjukan kesitian padanya.

Dia melihat anaknya dilahirkan, berprestasi di sekolahnya sehingga dia masuk ke perguruan tinggi terbaik di kotanya.

Melihat hal tersebut pemuda itu sangat senang, dan mulai menjalani hidupnya dengan penuh semangat, hanya beberapa bulan kemudian dia dipanggil oleh atasannya, dia sudah mengetahui bahwa hari itu ia akan mendapatkan promosi, dan gajinya akan dianikan 2 kali lipat, dan hal itu benar-benar terjadi.

Tidak lama setelah itu dia menemukan wanita yang kelak menjadi istrinya, bahkan sebelum berkenalan dengan wanita tersebut dia mengetahui bahwa mereka akan berpacaran selama 2 tahun sampai akhirnya mereka menikah tepat di hari Valentine, tiga tahun yang akan datang. Setahun setelah menikah istrinya akan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan mereka beri nama Jo, dan anak itu kelak akan menjadi seorang ilmuwan yang disegani di seluruh dunia.

Pemuda itu tahu persis apa yang akan terjadi dengan dirinya di masa yang akan datang, dan hal-hal tersebut mulai terjadi satu demi satu, tidak sampai setahun setelah pertemuan pemuda itu dengan jin tersebut, dia mulai merasa bosan, hidupnya kehilangan makna, hal-hal baik yang terjadi tidak lagi dia nikmati karena dia sudah mengetahui sejak awal hal tersebut akan terjadi.

Dia mencoba untuk “melawan” nasib baiknya, tetapi dia tidak berdaya, semuanya terjadi sesuai dengan yang ditunjukan kepadanya. Waktu terus berjalan hal-hal baik yang terjadi dalam hidupnya membuat dia semakin tersiksa, pemuda itu menjadi orang yang paling menderita di dunia, meskipun dia memiliki semua yang orang lain inginkan.

Tahukan anda kalau Tuhan menjanjikan hal-hal baik dalam hidup kita masing-masing, promosi, kemakmuran, pasangan hidup, keturunan, semuanya sudah diajanjikan-Nya bagi mereka yang mau percaya kepada-Nya.Namun sebagian dari kita sering kali mengeluh dan kecewa kepada Tuhan karena kita tidak bisa melihat “kepastian” dari janji Tuhan tersebut saat ini, kita tidak menyadari bahwa kita semua membutuhkan ketidakpatian dalam hidup kita.

Ketidakpastian memang bisa membuat kita takut dan kecewa, namun ketidakpastian juga yang membuat kita bisa menikmati hidup, menikmati keindahan janji Tuhan, mendapat kejutan-kejutan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Kita seharusnya bersyukur memiliki Tuhan yang tahu apa yang kita butuhkan,  Tuhan yang ingin memberikan apa yang kita harapkan , bahkan terkadang memberi kita sesuatu yang jauh melebihi apa yang kita bayangkan sebelumnya. Dia adalah Tuhan yang penuh dengan kejutan, anda hanya perlu mengenalnya lebih dekat, dan percaya kepada setiap janji-janji-Nya.

Inspired by Herry Sitepu @ ECC Morning Service

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s